Pesawat Ulang Alik

Posted: January 27, 2011 in fisika

Bagian-bagian pesawat Ulang Alik / Orbiter dan fungsinya :

  • Lambung depan

Berfungsi sebagai kabin awak dan peralatan kendali pesawat

 

  • Lambung tengah

Berfungsi sebagai ruang barang dan ruang roda pendaratan

 

  • Lambung belakang

Berfungsi penopang tiga mesin utama pesawat dan terdapat sirip di bawah mesin untuk mengubah sudut penerbangan

 

  • Sayap

Berfungsi sebagai kendali manuver pesawat, baik pada saat terbang maupun mendarat

 

  • Ekor

Berfungsi sebagai sirip/daun kemudi pesawat

 

Tahap peluncuran pesawat Ulang Alik :

  • Mesin pendorong utama berbahan bakar cair dan roket pendorong berbahan bakar padat menyala secara bersamaan, sehingga membangitkan 31 juta newton tenaga untuk lepas landas

 

  • Sesudah beberapa menit (± 2 menit) ketika bahan bakar pada roket pendorong habis terbakar dan telah mencapai kecepatan lebih dari 4800 Km/jam, roket pendorong dilepas dari pesawat dan jatuh ke dalam samudra dengan parasut untuk diisi dan gunakan kembali, sedangkan tangki bahan bakar eksternal dilepas ketika akan memasuki lapisan Atmospir.

 

  • Sesudah pesawat melewati lapisan Atmospir, pesawat Ulang Alik menuju Orbitnya.

 

  • Sesudah misi selesai maka pesawat kembali ke bumi dan terbang layaknya pesawat supersonik.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s