Bagian-bagian pesawat Ulang Alik / Orbiter dan fungsinya :
- Lambung depan
Berfungsi sebagai kabin awak dan peralatan kendali pesawat
- Lambung tengah
Berfungsi sebagai ruang barang dan ruang roda pendaratan
- Lambung belakang
Berfungsi penopang tiga mesin utama pesawat dan terdapat sirip di bawah mesin untuk mengubah sudut penerbangan
- Sayap
Berfungsi sebagai kendali manuver pesawat, baik pada saat terbang maupun mendarat
- Ekor
Berfungsi sebagai sirip/daun kemudi pesawat
Tahap peluncuran pesawat Ulang Alik :
- Mesin pendorong utama berbahan bakar cair dan roket pendorong berbahan bakar padat menyala secara bersamaan, sehingga membangitkan 31 juta newton tenaga untuk lepas landas
- Sesudah beberapa menit (± 2 menit) ketika bahan bakar pada roket pendorong habis terbakar dan telah mencapai kecepatan lebih dari 4800 Km/jam, roket pendorong dilepas dari pesawat dan jatuh ke dalam samudra dengan parasut untuk diisi dan gunakan kembali, sedangkan tangki bahan bakar eksternal dilepas ketika akan memasuki lapisan Atmospir.
- Sesudah pesawat melewati lapisan Atmospir, pesawat Ulang Alik menuju Orbitnya.
- Sesudah misi selesai maka pesawat kembali ke bumi dan terbang layaknya pesawat supersonik.